BLANTERORIONv101

Anda Seorang Guru? Simak 5 Hal Penting Sebelum Menjadi Content Creator

4 Maret 2024

 

"Jika saya gagal , saya tidak akan menyesalinya. Tetapi satu hal yang saya sesali adalah tidak mencoba" - Jeff Bezos

Merintis karir di dunia digita itu katanya susah-susah gampang, padahal gampang dan mudah. Apalagi sekarang  zamannya sudah serba digital, potensi untuk bertumbuh sangat besar dan pesat terbukti dari data laporan We Are Social yang merupakan perusahaan media dari Ingris melaporkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 213 Juta per januari 2023.

Guru memiliki banyak waktu yang fleksibel dan sangat memungkinkan untuk merintis karir di dunia digital tanpa meninggalkan tugas pokoknya mendidik siswa di sekolah, karena banyak sekali pekerjaan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari dunia digital.

Pekerjaan didunia digital itu banyak mulai dari affiliate marketing, content creator, penulis e-book, influencer, atau yang paling banyak guru diberbagai pesan grup-grup WhatsApp  itu banyak sekali lembaga yang menyediakan webinar pendidikan, pematerinya siapa ? ya guru ! Apakah Anda tidak tertarik ?

Pekerjaan utama guru adalah mengajar dan mendidik siswa, tapi apakah pernah terpikirkan bagiamana caranya guru yang sibuk mengajar bisa menghasilkan pendapatan dari internet ? jawabannya sangat memungkinkan.

Coba kita lihat baru-baru ini banyak guru yang menjadikan kegiatan sekolahnya menjadi salah satu konten dimedia sosial dan dapat banyak respon dari guru lain yang menonton, ada yang menjadikannya referensi pembelajaran, ada juga siswa yang menginginkan guru tersebut mengajar di sekolahnya karena membandingkan gurunya saat ini yang kaku dan penuh aturan.

Bahkan yang lebih membingungkan lagi karena seringnya guru tersebut membuat konten dimedia sosial dan sampai viral hingga diundang oleh siaran TV swasta untuk diwawancara, padahal kontennya sederhana hanya mengupload kegiatannya selama mengajar di sekolah.

Semuanya Berasal Dari Niat

Sebelum guru memulai karir di dunia digital, ingatlah semua itu tergantung niat. karena merintis karir sebagai content creator perlu realistis, ada momentumnya namun harus tetap konsisten agar apa yang diperjuangkan tetap bertahan sampai tujuan.

Niat itu bagaikan google maps, harus ada tujuan yang perlu dicapai semakin jelas tujuannya semakin mudah google maps untuk mengarahkan, demikian halnya niat semakin jelas, maka semakin jelas cara menempuhnya. Maka tentukan dulu niatnya apa memulai karir di dunia digital?

Setelah niatnya sudah ada tujuannya jelas, inilah 5  Hal Penting Sebelum Menjadi Content Creator

#1. Fokus pada salah satu

Dalam dunia digital banyak sekali topik yang dibahas oleh seorang content creator mulai dari cara mengajar, membuat model pembelajaran yang menyenangkan, dll. Tugas Anda adalah Fokus dan pilih salah satu topik yang akan dibahas , karena jika semua topik yang viral saja yang Anda bahas malah nanti  jadi konten gosip. Hehe

Mulai analisis waktu yang dibutuhkan serta potensi yang tepat untuk memulainya, lah bagiaimana caranya ? Mulailah dari apa yang Anda paling sukai, cukup itu saja. Semakin Anda suka semakin mudah untuk mengerjakan.

#2. Belajar dari yang ahli

Guru juga manusia tetap harus banyak belajar, karena ada ungkapan "guru adalah pembelajar sepanjang hayat", ungkapan tersebut bisa Anda terapkan untuk memulai hal-hal yang baru dalam dunia digital, entah itu menguasai digital marketing, menulis konten yang berdampak, belajar copywriting, belajar alogaritma media sosial dan internet, banyak sekali yang perlu dipelajari

Salah satu ilmu yang penting untuk memulai content creator yaitu belajar tentang copywriting dan contentwriting, karena itu menjadi pondasinya.

Kalau mau belajar copywriting atau contenwriting bisa juga Anda mengikuti sertifikasi impactfull writing yang betul-betul diajarkan oleh ahlinya yaitu Dwi Andika Pratama. Anda bisa melihat tulisan-tulisannya disini atau langsung beli kursusnya disini.

Setelah Anda mempelajari ilmu tentang dunia digital dari ahlinya, tugas berikutnya ada di tulisan dibawah ini.

#3. Tentukan pasarnya

Ya, seperti pedagang Anda  harus tau apa yang mau dijual dan siapa yang beli. Penting dalam memulai sebuah content memiliki target audience atau pasarnya, sebenarnya siapa sih yang akan melhat atau menggunakan jasa dan produk Anda.

Contoh sederhana Anda seorang guru pasti mengajar materi sesuai dengan perkembangan dan kelasnya, mana mungkin Anda mengajarkan materi SMA ke siswa SD, demikian juga didalam dunia digital semua ada pasarnya semua ada muridnya.

#4. Bagaikan kunci dan gembok

Nah apalagi ini ? ini sebuah perumpamaan jika Anda sudah memiliki topik yang akan dibahas pelajari audience Anda berkomunikasi, pelajari perilakunya dimedia sosial, ketika sudah ketemu polanya maka Anda akan lebih mudah mengunci hatinya agar tidak berpaling ke kreator lain

Sesuaikan gaya bahasa, tulisan maupun cara berpikir Anda dengan audience, coba Anda amati salah satu konten dan amati cara audience berinteraksi didalam kolom komentar, itulah yang perlu dilakukan seorang content creator yaitu riset , temukan kunci yang pas untuk membuka gemboknya

#5. Project 90 hari

Ini adalah sebuah habbit atau kebiasaan yang perlu dilakukan oleh seorang content creator yaitu konsisten dan persisten, apapun yang terjadi terus buatlah konten yang menarik dan sesuai dengan sifat audience Anda, lakukan terus sampai 90 hari.

Buatkan list daftar pekerjaan Anda selama 90 hari tersebut mulai dari hari pertama sampai dengan hari 90, buatkan refleksi setiap hari dan amati perubahannya, semua akan berdampak terhadap perilaku maupun cara berpikir Anda.

Namun tadi catatanya lakukan secara konsisten dan persisten, itulah 5 hal penting yang perlu dilakukan seorang guru jika ingin memulai karir sebagai content creator .

Jangan lupa kalau ingin belajar copywriting agar konten Anda berkualitas bisa langsung Anda pelajari disini. Yuk jadi content creator


Komentar